Arsip

Home / AALBORG ACADEMY / Media Sosial: Tips Sehat Memilih Jajanan Anak di Sekolah

Media Sosial: Tips Sehat Memilih Jajanan Anak di Sekolah

Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan berbagai platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, kita dapat terhubung dengan teman dan keluarga, mendapatkan berita terbaru, serta mendapatkan inspirasi dari berbagai hal. Namun, media sosial juga dapat memiliki dampak negatif, terutama dalam hal memilih jajanan anak di sekolah.

Dalam era digital ini, kita sering kali terpapar oleh berbagai macam iklan dan informasi yang dapat mempengaruhi keputusan kita. Hal ini juga berlaku ketika kita memilih jajanan anak di sekolah. Banyak orangtua yang tergoda oleh makanan yang terlihat enak dan menarik di media sosial, tanpa memperhatikan nilai gizi dan kualitas bahan makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak mereka.

Untuk itu, ada beberapa tips sehat yang dapat kita terapkan dalam memilih jajanan anak di sekolah. Pertama, kita perlu memperhatikan nilai gizi dari makanan tersebut. Pastikan makanan yang kita pilih mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak kita. Hindari makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh.

Selanjutnya, kita juga perlu memperhatikan kualitas bahan makanan yang digunakan. Pilihlah jajanan yang menggunakan bahan-bahan segar dan alami. Hindari makanan yang mengandung bahan tambahan seperti pengawet, pewarna, dan perasa buatan. Lebih baik memilih makanan yang dibuat secara homemade atau dengan bahan-bahan yang dapat dipercaya.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan ukuran porsi makanan. Jajanan anak di sekolah sebaiknya memiliki porsi yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Terlalu banyak makanan dapat membuat anak menjadi kenyang berlebihan dan tidak sehat. Sebaliknya, terlalu sedikit juga dapat membuat anak merasa lapar dan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Tips terakhir adalah melibatkan anak dalam memilih jajanan mereka sendiri. Ajak mereka untuk memilih makanan yang sehat dan menyenangkan. Berikan mereka pengetahuan tentang makanan sehat dan pentingnya mengonsumsi makanan bergizi. Dengan melibatkan anak dalam proses ini, mereka akan belajar untuk membuat pilihan yang lebih baik dalam memilih jajanan di sekolah.

Dalam era media sosial yang semakin maju ini, kita perlu bijaksana dalam memilih jajanan anak di sekolah. Jangan tergoda oleh iklan atau tampilan visual yang menarik, tetapi perhatikan nilai gizi, kualitas bahan makanan, ukuran porsi, dan libatkan anak dalam proses ini. Dengan melakukan hal ini, kita dapat memastikan anak-anak kita mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi di sekolah.

  •  
    Previous Post

    Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Pedoman Identitas Kementerian Kesehatan

  •  
    Next Post

    Media Sosial: Kesehatan Mental pada Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan