Arsip

Home / AALBORG ACADEMY / Media Sosial: Menjaga Kesehatan Mata saat WFH dan Sekolah Online

Media Sosial: Menjaga Kesehatan Mata saat WFH dan Sekolah Online

Media Sosial: Menjaga Kesehatan Mata saat WFH dan Sekolah Online

Dalam era digital seperti sekarang ini, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Baik itu untuk bekerja, belajar, atau bahkan sekadar bersosialisasi dengan teman-teman, media sosial selalu hadir dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan yang berlebihan dan tidak bijak dari media sosial dapat berdampak negatif pada kesehatan mata kita, terutama saat bekerja dari rumah (WFH) atau menjalani sekolah online. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata saat menggunakan media sosial.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kelelahan mata atau yang sering disebut dengan istilah eye strain. Ketika kita terus-menerus menatap layar gadget, mata kita akan mengalami kelelahan karena terpapar cahaya yang berlebihan. Untuk menghindari hal ini, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan.

Pertama, kita perlu mengatur pengaturan cahaya pada layar perangkat kita. Cobalah untuk mengurangi kecerahan layar sehingga mata kita tidak terlalu terpapar cahaya yang terlalu terang. Selain itu, kita juga bisa mengaktifkan mode malam pada perangkat kita agar cahaya layar lebih lembut pada mata.

Kedua, jangan lupa untuk melakukan istirahat mata secara berkala. Setiap 20 menit sekali, kita bisa melihat ke arah yang jauh selama 20 detik. Hal ini akan membantu mata kita beristirahat sejenak dan mengurangi kelelahan yang dirasakan.

Selain itu, penting juga bagi kita untuk menjaga jarak pandang saat menggunakan media sosial. Usahakan untuk tidak terlalu dekat dengan layar gadget. Sebaiknya kita menjaga jarak minimal 30 sentimeter antara mata dan layar gadget. Hal ini akan membantu mengurangi tekanan pada mata dan mengurangi risiko gangguan penglihatan jangka panjang.

Selain mengatur penggunaan media sosial, kita juga perlu mengingat pentingnya menjaga pola hidup sehat. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan air putih, serta lakukan olahraga secara teratur. Semua ini akan memberikan dampak positif pada kesehatan mata kita.

Terakhir, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter mata secara teratur. Dokter mata akan membantu kita dalam memeriksa kesehatan mata kita dan memberikan penanganan yang dibutuhkan jika ditemukan masalah pada mata kita.

Dalam era digital ini, media sosial mungkin tidak bisa kita hindari sepenuhnya. Namun, kita bisa mengatur penggunaannya dengan bijak untuk menjaga kesehatan mata kita. Dengan melakukan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, diharapkan kita bisa tetap menggunakan media sosial dengan nyaman tanpa mengorbankan kesehatan mata kita.

  •  
    Previous Post

    Media Sosial : Kombinasi Vaksinasi booster untuk lansia dan masyarakat umum

  •  
    Next Post

    Media Sosial : Kasus Pertama Omicron Ditemukan di Indonesia