Arsip

Home / AALBORG ACADEMY / Kelas Edukasi “Jenis Jenis Vaksin Covid-19, Bedanya Apa, Sih?” Tahun 2021

Kelas Edukasi “Jenis Jenis Vaksin Covid-19, Bedanya Apa, Sih?” Tahun 2021

Kelas Edukasi “Jenis Jenis Vaksin Covid-19, Bedanya Apa, Sih?” Tahun 2021

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah mendorong upaya untuk mengembangkan vaksin sebagai solusi untuk melawan virus tersebut. Namun, dengan munculnya berbagai jenis vaksin Covid-19, mungkin banyak dari kita merasa bingung dengan perbedaan antara vaksin-vaksin tersebut. Oleh karena itu, Kelas Edukasi “Jenis Jenis Vaksin Covid-19, Bedanya Apa, Sih?” Tahun 2021 mencoba memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai jenis-jenis vaksin Covid-19 yang saat ini tersedia.

Salah satu jenis vaksin Covid-19 yang pertama kali dikembangkan adalah vaksin yang menggunakan metode mRNA, seperti Pfizer-BioNTech dan Moderna. Vaksin jenis ini bekerja dengan mengirimkan instruksi genetik ke dalam sel tubuh manusia untuk membuat protein spike yang ada pada virus Covid-19. Protein spike ini kemudian akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi yang kemudian akan melawan virus jika tubuh terpapar.

Selain vaksin mRNA, terdapat pula vaksin Covid-19 yang menggunakan metode vector virus, seperti vaksin Oxford-AstraZeneca dan vaksin Sinovac. Vaksin jenis ini bekerja dengan menyuntikkan virus yang telah dimodifikasi ke dalam tubuh manusia. Virus ini tidak dapat menyebabkan penyakit, namun akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dan melawan virus Covid-19 jika terjadi paparan.

Perbedaan utama antara vaksin-vaksin Covid-19 tersebut terletak pada cara kerjanya dan efektivitasnya. Vaksin mRNA cenderung memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan vaksin yang menggunakan metode vector virus. Namun, vaksin yang menggunakan metode vector virus memiliki keunggulan dalam hal penyimpanan dan distribusi yang lebih mudah.

Meskipun demikian, semua jenis vaksin Covid-19 yang telah disetujui oleh otoritas kesehatan dunia telah melalui uji klinis yang ketat dan terbukti aman serta efektif dalam melindungi individu dari penyakit Covid-19. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menerima vaksinasi Covid-19 sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh pemerintah dan tenaga medis.

Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai jenis-jenis vaksin Covid-19 yang ada, diharapkan kita dapat lebih percaya diri dan yakin dalam memilih vaksinasi untuk melindungi diri dan orang-orang terdekat dari bahaya virus Covid-19. Selalu ingat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan mengikuti arahan yang diberikan oleh tenaga medis demi keselamatan bersama. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan kita dapat kembali hidup normal seperti sediakala.

  •  
    Previous Post

    Kelas Edukasi “CERDIK Mengelola Penyakit Kronis” Tahun 2021

  •  
    Next Post

    Kelas Edukasi “Persiapan Anak dan Orang Tua Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka&#8221 …